Saturday, February 23, 2013

Mengubah yang jijik menjadi menarik



Oleh: Ris Sukarma

Tidak ada orang yang peduli dengan sesuatu yang menjijikan, misalnya dengan apa yang kita buang setiap pagi sebelum mandi. Kita juga tidak peduli bagaimana nasib “barang” yang kita buang itu. Setelah WC kita sentor, “barang” itu hilang dari pandangan, habis perkara. 


Tapi, bayangkan apabila tidak ada yang peduli dengan tinja yang kita buang setiap pagi itu. Bagaimana bahan buangan yang mengandung kuman-kuman penyebab penyakit itu bisa dengan aman masuk ke dalam ekosistem tanpa merusak lingkungan? Sayangnya, disamping banyak diantara kita yang kurang berminat “berbasah-basah” dengan kotoran, pengelolaan dan pengolahan tinja yang modern, apalagi untuk kota besar, teramat mahal biayanya.

Artikel ini tidak akan membahas “nitty gritty” pengelolaan dan pengolahan air kotor. Saya hanya ingin mengajak pembaca melihat bagaimana seorang bernama Don Wildman, bisa membuat program TV tentang jaringan limbah Boston menjadi tontonan yang menarik. 

Program ini ditayangkan oleh saluran ‘Travel Channel’ dalam program “Off Limits”.

Saya merasa beruntung memiliki jaringan TV kabel dimana pagi ini saya nonton acara Don Wildman menelusuri jaringan limbah Boston yang kebetulan sedang direnovasi. Bayangkan, ada jaringan limbah yang dibangun tahun 1800an dan masih berfungsi! Tapi dengan perkembangan kota yang pesat, jaringan baru perlu diperbesar dan diperluas. Pelabuhan Boston dulunya dikenal sebagai “pelabuhan terkotor di AS”. Sekarang mereka mengurus masalah itu dengan membangun instalasi pengolahan limbah kedua terbesar di AS. Kita tidak perlu berargumen tentang kemampuan finansial kota itu, yang ingin saya tampilkan adalah bagaimana kegiatan itu bisa menjadi obyek tayangan TV yang menarik. 


Don mulai tertarik meliput hal-hal yang mungkin tidak dipedulikan orang biasa, pada saat dia mendarat di atas kota Los Angeles yang amat luas. Dia ingin tahu kemana perginya tinja dari kota sebesar itu. Beberapa tahun kemudian impiannya terwujud, dia menjadi host dari program “Off Limits” yang secara berkala ditayangkan Travel Channel. Klik tautan berikut untuk melihat tayangan bagaimana Don Wildman blusukan di dalam saluran limbah di Boston sebagaimana dimuat di YouTube: http://www.youtube.com/watch?v=97p981QKWBA


Tahun 1970an sewaktu saya melakukan survey air limbah di Surabaya, saya menemukan ada pipa air limbah berukuran besar berbentuk oval yang tertanam dalam di tengah jalan. Saya yakin tidak banyak yang tahu bahwa Surabaya pernah punya jaringan limbah yang dibangun jaman Belanda dulu. Apakah ada diantara kita yang mau blusukan di dalam saluran limbah seperti Don? Kalau diliput dan menjadi tayangan TV yang menarik, kenapa tidak?  


No comments:

Post a Comment